Tag Archives: Universal Healing Tao

Agama Tao Universal dan Universal Healing Tao System (UHTS)

Agama Tao Universal dan Universal Healing Tao System (disingkat UHTS) atau UHT System perlu kita pahami sebelum kita mulai mempraktekannya.

UHTS merupakan sebuah terobosan yang diciptakan oleh Grandmaster Mantak Chia berbasis di Chiang Mai, Thailand, yang mengembangkan ajaran-ajaran Agama Tao Universal ke dalam aplikasi praktis untuk kepentingan kebugaran, kesehatan dan penyembuhan.

Pelajaran, atau sering Master Chia sebut praktek-praktek UHTS disusun sedemikian rupa, buku-buku ditulis secara luas, lebih dari 50 judul, dan kelas-kelas diselenggarakan secara rutin selama 50 tahun belakangan, dengan minimal VI tingkatan kelas, di mana masing-masing tingkatan terdiri dari beberapa pelayaran yang padat dengan gerakan-gerakan atau praktek praktis.

  • Sementara itu, apa yang dimaksud dengan agama tao?

Saya kutip dari situs satu-satunya yang saya dapati dalam bahasa Indonesia menjelaskan tentang Tao Universal sebagai berikut:

Dao yang bisa dibicarakan dengan kata-kata bukanlah Dao yang mulia dan absolut. Nama yang bisa terbentuk dan dipanggil dengan kata-kata bukanlah nama yang mulia dan absolut adanya.

Wu (TIADA) adalah sebutan bagi sebelum terbentuknya langit dan bumi. You (ADA) merupakan nama bagi induk terciptanya segala benda (Wan Wu) yang ada di alam semesta ini.

Oleh karena itu, seharusnya dengan konsep “TIADA”/TANPA BATAS/TANPA EMBEL-EMBEL/TANPA TENDENSIUS/TANPA BEBAN kita bisa mengamati keagungan dan kemuliaan “Dao” (diistilahkan sebagai sifat “Miao” dari Dao). Sebaliknya, harus dengan konsep “ADA”/ADANYA BATASAN-BATASAN/ADANYA PERATURAN/ADANYA HUKUM/ADANYA BENTUK/ADANYA TUJUAN untuk mempelajari semua yang berwujud secara objektif dan realistis (diistilahkan sebagai “Jiao” BATASAN BATASAN NYATA dari wujud benda di dunia ini).

“Wu” dan “You” berasal dari sumber yang sama, hanya sebutannya yang berbeda. Semua itu sangat unik adanya (Ao Miao). Apabila dihayati dan dipelajari dengan tekun dan benar, akhirnya akan ditemukan pintu yang menuju Mahasumber yang telah menciptakan segala yang ada di alam semesta ini.

UHTS vversi Mantak Chia ini sangat bermanfaat untuk proses kesembuhan secara alamiah, karena yang harus kita lakukan ialah gerakan-gerakan dari yang paling sederhana sampai kepada pola hidup dan pola makan-minum yang dianjurkan sesuai ajaran-ajaran Tao, They Way.

Sebagai dasar dari pembelajaran/ praktek-praktek dimaksud, maka Level I dari UHTS berisi sangat banyak pelajaran, yang harus diikuti oleh para praktisi.

Di tingkat ini juga diselenggarakan kursus-kursus untuk merekrut instruktur yang kemudian akan pulang ke tempat asal masing-masing peserta dan mulai mendirikan dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dasar UHTS.

Kebetulan saya Jhon Yonathan Kwano saat ini baru tahun 2015 menyelesaikan kursus Associate Instructor dan kini sedang mempersiapkan diri untuk mendirikan Sekolah Dasar UHTS di Jakarta, Yogyakarta dan Jayapura. Semoga Tuhan memberikan kekuatan dan kesempatan, sehingga tujuan mulia ini terwujud.

Doa saya agar dengan penyelenggaraan UHTS di Indonesia akan memungkinan kita men-detoxify emosi kita, dan sekaligus men-detoxify tubuh kita.

Bumi dan Bintang Utara

Bumi ditarik oleh Bintang Utara, semua yang ada di planet Bumi ditarik oleh Bintang Utara.

Semua kehidupan yang tersambung ke Bintang Utara memiliki pengetahuan dan kearifan melampaui yang lain.

Setiap orang dilahirkan dengan antenna, untuk berhubungan dengan jagatraya, dan men-download hikmat kebijaksanaan dan pengetahuan dari Sumber Pengetahuan dan Sumber Kebijaksanaan itu sendiri.

(Oleh Master Mantak Chia)

Hello world!

Hello World! Salam bagi kita semua!

Tanggal 24 Januari 2015 menjadi tanggal bersejarah karena tanpa disadari sebelumnya Grand Master Mantak Chia, seorang gurubesar bidang beladiri dan Tao Yoga yang dikenal di seluruh dunia saat ini mendeklarasikan Jhon Yonathan Kwano dari Tanah Papua sebagai seorang Associate Instructor dari Universal Healing Tao System.

Dengan denyut jantung berdebar-debar, saya memenuhi undangan Grand Master Mantak Chia menerima Sertifikat yang menandakan pengesahan saya sebagai Associate Instructor. Beliau katakan, “Ini baru awal, tidak ada arti apa-apa. Tetapi Anda harus tahu, bahwa semua yang apa-apa dimulai dari tidak apa-apa, dan langkah 1000 tidak ada kalau tidak ada langkah 1.”

Dengan salut dan kerendahan hati, menerima sertifikat ini, lalu saya pulang ke tempat penginapan saya setelah makan siang dan mencaritahu sebenarnya di Indonesia sudah ada Universal Healing Tao apa tidak? Saya utamakan mencaritahu lewat Mas Google.com. Ternyata Mas atau mBak google.com juga tidak punya informasi begitu banyak mengenai Universal Healint Tao Indonesia.

Yang banyak terdaftar di Google.com ialah nama “Mantak Chia” karena ada puluhan buku beliau yang pernah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan pernah dijual di Indonesia. Akan tetapi sejak sepuluh tahun lalu, semuanya menjadi kosong. Ternyata yang dijual di Indonesia masuk ke dalam kategori “Buku Langka”.

Setelah tidak puas, saya cari di Yahoo! dan Bing. Jawabannya sama saja.

Saya lalu menghadap si Professor of Nothingness, yaitu Prof. William Wu, yang merupakan murid pertama yang pernah dididik Master Mantak Chia dan sampai hari ini menjadi pendamping Mantak Chia yang setia. Setelah bertanya ke Denis dan Walter, keduanya Instruktur Senior di Tao Garden, mereka berdua sarankan saya bertemu William. Maka saya temui beliau.

Begitu saya sebut, “Saya berusaha mencari buku-buku dalam Bahasa Indonesia!” beliau serta-merta katakan,

“Wah, orang Indonesia itu pencuri, penipu! Dia salah satu dari teman saya, murid pertama dari Master Mantak Chia. Tetapi dia tidak pernah membayar ke Master satu sen-pun dari hasil penjualan buku-bukunya di Indonesia. Anda tahu apa yang terjadi? Beliau meninggal dunia 10 tahun lalu. Kalau Anda jahat, Tuhan tidak buta, semua orang jahat akan ditelan oleh kejahatannya sendiri.

Kalau Anda mau, Anda harus mulai dari NOL, NOL, NOL:

sambil melingkar tangannya besar-besar membentuk NOL.

Menanggapi itu saya bilang,

Saya mau berjuang, saya mau menerjemahkan ulang semuanya. Saya berbeban membantu masyarakat Indonesia dan masyarakat Papua dan masyarakat Melanesia. Tetapi sebagian besar Masyarakat Melanesia akan baca dalam versi Bahasa Inggris. Yang butuh terjemahan ialah Masyarakat Papua di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Saya mau buktikan kepada Anda, sejauh mana kemampuan saya, jadi saya minta kalau ada alat penguji, silahkan uji saya.

Mendengar tantangan itu, William langsung katakan,

OK datang ke kantor saya, dan saya akan berikan beberapa bahan untuk Anda terjemahkan. Setelah itu saya akan tanyakan kepada orang Indoensia lain untuk mengecek apakah terjemahan Anda jelas atau tidak.

Saya bersedia.

Maka boleh saya katakan, pekerjaan saya yang pertama dalam Universal Healing Tao System ini sebagai seorang Associate Instructor ialah menjadi penerjemah dari berbagai buku, booklet, pamflet, brosur dan situs yang dimiliki sistem ini dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia.

Mohon dukungan dari semua pihak di seluruh Indonesia untuk pekerjaan mulia ini, pekerjaan yang akan membawa damai, sukacita dan kedamaian hidup di antara manusia di mana-pun “Chi” mengalir mencari penyeimabgan dan keseimbangan.