Category Archives: Uncategorized

Ternyata Posisi Tidur Miring ke Kiri Itu Dianjurkan. 10 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan

Ternyata Posisi Tidur Miring ke Kiri Itu Dianjurkan. 10 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan
Ternyata Posisi Tidur Miring ke Kiri Itu Dianjurkan. 10 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan

Tahukah kamu? Ternyata posisi tidur sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, lho. Seperti dikutip dari New York Times, pada umumnya dokter akan menyarankan seseorang untuk tidur miring sehingga gaya gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perutnya. Beberapa orang percaya bahwa tidur miring menghadap kanan akan lebih bagus dari pada menghadap kiri, karena bisa melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya.

Namun kenyataannya nggak selamanya demikian. Tidur menghadap kiri pun bisa memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti yang dikemukakan oleh Dr. John Douillard, selaku pakar kesehatan ayurveda (tradisi pengobatan kuno).

Pengen tahu seperti apa manfaatnya? Hipwee Tips sudah merangkumnya nih buat kamu. Simak, ya!

1. Kinerja jantung lebih maksimal sehingga memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh

Dr. John Douillard, pakar kesehatan ayurveda mengatakan bahwa tidur miring ke kiri membantu mengalirkan getah bening menuju jantung, yang mana hal ini mengurangi beban kerja jantung.

Tidur dengan posisi miring ke kiri akan membantu kinerja jantung dalam memompa darah. Pengaruh gravitasi membuat kinerja jantung lebih ringan. Selain memudahkan aliran getah bening menuju jantung, sirkulasi darah ke jantung juga akan meningkat dan pengambilan pembuluh darah ke jantung akan berkurang.

Intinya, dengan darah yang tersirkulasi maksimal, tubuhmu akan lebih sehat, terhindar dari penyakit kardiovaskular, kulit lebih berseri dan awet muda. Mau ‘kan?

2. Pergerakan makanan pada sistem pencernaan lebih mudah dan lancar, terutama pada lambung, pankreas dan usus

Tidur di sisi kiri menyebabkan lambung dan pankreas menggantung secara alami dan memiliki ruang yang memadai untuk melaksanakan pencernaan. Hal ini akan membuat produksi enzim pankreas bekerja maksimal. Sehingga proses penyerapan makanan dan hormon yang dihasilkan juga lebih efisien.

Selain itu, pergerakan limbah makanan dari usus kecil ke usus besar juga lebih mudah dan lancar. Usus besar kemudian mengangkut bahan limbah ini melalui perut di sebelah kanan, akhirnya membuangnya ke dalam usus turun terletak di sisi kiri tubuh Anda. Metabolisme juga akan mudah bergerak karena peningkatan gravitasi.

3. Terhindar dari ancaman penyakit serius karena fungsi pengeluaran infeksi dan racun lebih maksimal

Menurut pengobatan ayurveda, tidur miring ke kiri memungkinkan tubuh untuk menyaring getah bening yang lebih baik, karena organ limfatik terbesar berada di sisi kiri tubuh, tepatnya di atas ginjal.

Sistem limfatik adalah sistem yang membantu jaringan dan organ untuk membawa cairan yang disebut getah bening ke seluruh tubuh. Cairan getah bening melakukan tugas-tugas penting yakni membawa sel darah putih memerangi infeksi dan membersihkan tubuh dari racun dan zat berbahaya lainnya.

4. Buat kamu yang punya maag, tidur miring ke kiri mencegah naiknya asam lambung dan perut mulas dan mual

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Gastroenterology menemukan bahwa tidur dalam posisi ke kiri dapat membantu mengurangi gejala asam lambung, karena menutup sambungan antara perut dan kerongkongan yang memicu mual dan insomnia.

Coba buktikan, kertika maag kambuh dan perut terasa mulas atau mual, cobalah berbaring ke sisi kiri selama 10 menit. Maka rasa sakit pun akan berkurang.

5. Kamu akan terhindar dari kelelahan, tidurmu akan lebih nyenyak, bangun tidur pun tetap bugar

Kok bisa? Penjelasannya, karena posisi tidur ini membuat hati dan kantung empedu menggantung secara bebas. Dampak positifnya, proses pengeluaran racun pun berjalan dengan lancar sehingga tidur pun akan lebih nyenyak karena nggak terganggu proses ini. Kondisi inilah yang membuat tubuh terhindar dari kelelahan dan bangun tidur pun tetap bugar.

7. Khusus wanita hamil, posisi ini juga melancarkan aliran darah ke janin lebih lancar

Para peneliti dari University of Auckland, Selandia Baru, menyarankan untuk tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri untuk mengurangi risiko mengalami kelahiran mati (keguguran setelah usia 20 minggu).

Menurut penelitian, posisi tidur miring ke kiri punya manfaat agar janin mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta. Selain itu juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh sang ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan.

8. Punggung encok dan pegal-pegal? Tidur miring ke kiri bisa meredakan sakitnya

meredakan sakit punggung juga

meredakan sakit punggung juga via ahealthadvisory.com

Orang yang menderita sakit punggung kronis dapat mengambil manfaat dari posisi tidur ke kiri. Karena pada saat tidur dalam posisi ke kiri akan mengurangi tekanan pada tulang belakang. Kamu akan merasa lebih nyaman dan mendapakan kualitas tidur yang nyenyak.

9. Kebiasaan ngorok atau mendengkur pun akan hilang perlahan dengan posisi tidur miring ke kiri

nggak bakal ngorok kayagini deh

nggak bakal ngorok kaya gini deh via www.snoringmouthpiece-reviews.com

“Cobalah untuk mengubah posisi tidur menjadi miring bila ingin mengurangi dengkuran saat tidur,” saran Dr. Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayaron, Jakarta.

Tidur dengan posisi miring ke kiri saat tidur membuat jalur udara menjadi nggak terganggu. Posisi miring akan membuat jalur kerongkongan nggak terhambat sehingga mengurangi dengkuran.

10. Terakhir, tidur miring ke kiri membantu meredakan varises. Bonusnya, kulitmu makin sehat dan cantik!

sembuhkan varises

sembuhkan varises via cdn.skim.gs

Tidur menghadap ke kiri juga bermanfaat bagi mereka yang menderita varises, terutama di tungkai bawah. Sebab, tidur miring ke kiri membantu mengambil tekanan dari pembuluh darah besar yang disebut vena cava inferior yang terletak di sisi kanan tubuh. Vena ini membawa darah dari bagian bawah tubuh ke jantung.

Sudah tahu ‘kan sekarang? Meski sepele, tapi posisi tidur juga punya pengaruh ke kualitas dan kesehatan tubuh. Jadi, kapan kamu membiasakan diri tidur miring ke kiri?

Sumber: http://www.hipwee.com 

Kita Terbiasa Mengekspresikan Emosi secara Salah

Para pakar psikolog maupun para pengajar doktrin agama akan mengajarkan kepada kita bahwa emosi yang ada harus diekspresikan. Cara mengekspresikan yang sering dipakai ialah dengan cara atau bahasa rohani yang kita sebut sebagai “pengakuan”. Kata agama Kristen secara khusus punya diskursus teologi panjang-lebar tentang pengampunan Allah dan mengampuni sesama manusia sebagai bukti ke-Kristen-an seseorang.
Psikologi dan konselor psikologi juga sama, mereka punya teknik yang dipelajari untuk membantu seseorang mengekspresikan emosi-emosi yang terpendam.
Kita masih ingat acara di Trans TV bernama “Uya-Kuya”. Acara ini disiarkan karena dia membantu orang mengekspresikan atau juga menceritakan apa-apa yang dipendam, bisa emosi yang dipendam, bisa rahasia yang disimpan. Yang penting hal-hal yang tidak kelihatan dalam kehidupan sehari-hari.
Dari apa yang terjadi di Uya-Kuya dan dari berbagai buku psikologi yang saya baca, juga dari pengalaman beragama selama ini, saya mendapatkan gambaran jelas, bahwa tujuan daripada ekpresi emosi yang diusung oleh prikolog maupun ajaran agama ialah supaya hal-hal yang terpendam disampaikan, dikeluarkan. Dengan mengucapkan hal-hal yang terpendam dimaksud, dianggap sebagai sebuah “pelepasan”.
Padahal, saya dan kita harus akui, dari sejumlah pengalaman kita sendiri, bahwa mengekspresikan emosi-emosi terpendam, atau hal-hal yang selama ini kita sembunyikan tidak serta-merta dan tidak semuanya menyelesaikan masalah. Malahan ada masalah baru yang muncul sebagai tindak-lanjutnya.
Di satu sisi pihak yang mengaku atau membongkar rahasia menjadi semakin tertekan secara psikologis, walaupun pada saat pengakuan sudah didoakan atau dinasehati, yang jelas apa yang terpendam sudah tereksposes, paling tidak sudah ketahuan sama lebih dari satu orang. Di sisi lain, kalau ekspresi emosi atau pembongkaran rahasia itu terkait dengan orang lain, maka dengan perbuatan itu sendiri kita secara langsung memberikan pengaruh psikologis kepada oknum atau pihak yang kita marah kepadanya, atau rahasia yang kita simpan yang terkait dengan orang lain dimaksud.
Bayangkan saja kalau rahasia itu terkait hubungan suami-isteri atau pacaran. Bayangkan saja kalau sebuah pengakuan tidak melahirkan pemaafan. Atau sudah terjadi pemaafan tetapi tidak dengan sepenuh hati. Maka sebenarnya masalahnya tambah meluas, bukannya menghilang.
Dengan UHTS (Universal Healting Tao System) kita tidak perlu mengekspresikan dalam bentuk pengakuan atau pembongkaran, tetapi yang kita lakukan ialah proses “transformasi” emosi, dari yang negatif ke positif.
Kalau yang terjadi transformasi, maka yang berubah bukan relasi saya, tetapi saya yang berubah. Patokan perubahan ada pada saya, bukan kepada orang lain. Dengan perubahan yang telah terjadi dimaksud, akan memancarkan “love”, “peace”, “joy” dan “happiness” yang melimpah di dalam diri kita kepada sesama kita. Dengan “love”, “peace”, “joy” dan “happiness” yang kita kelola dan tumbuh-kembangkan di dalam organ kita, maka kita akan sanggup keluar dari belenggu-belengu emosional yang menghimpit dan memenjarakan kita.
Ekpresi emosi yang membantu kita bertumbuh sehat dan bersahaja ialah dengan men-transpormasi-kan emosi-emosi dimaksud, bukan dengan cara mengakui dan mminta maaf, yang dampaknya menularkan emosi negatif yang ada pada kita kepada pihak lain.
Source: Facebook.com

Hello world!

Hello World! Salam bagi kita semua!

Tanggal 24 Januari 2015 menjadi tanggal bersejarah karena tanpa disadari sebelumnya Grand Master Mantak Chia, seorang gurubesar bidang beladiri dan Tao Yoga yang dikenal di seluruh dunia saat ini mendeklarasikan Jhon Yonathan Kwano dari Tanah Papua sebagai seorang Associate Instructor dari Universal Healing Tao System.

Dengan denyut jantung berdebar-debar, saya memenuhi undangan Grand Master Mantak Chia menerima Sertifikat yang menandakan pengesahan saya sebagai Associate Instructor. Beliau katakan, “Ini baru awal, tidak ada arti apa-apa. Tetapi Anda harus tahu, bahwa semua yang apa-apa dimulai dari tidak apa-apa, dan langkah 1000 tidak ada kalau tidak ada langkah 1.”

Dengan salut dan kerendahan hati, menerima sertifikat ini, lalu saya pulang ke tempat penginapan saya setelah makan siang dan mencaritahu sebenarnya di Indonesia sudah ada Universal Healing Tao apa tidak? Saya utamakan mencaritahu lewat Mas Google.com. Ternyata Mas atau mBak google.com juga tidak punya informasi begitu banyak mengenai Universal Healint Tao Indonesia.

Yang banyak terdaftar di Google.com ialah nama “Mantak Chia” karena ada puluhan buku beliau yang pernah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan pernah dijual di Indonesia. Akan tetapi sejak sepuluh tahun lalu, semuanya menjadi kosong. Ternyata yang dijual di Indonesia masuk ke dalam kategori “Buku Langka”.

Setelah tidak puas, saya cari di Yahoo! dan Bing. Jawabannya sama saja.

Saya lalu menghadap si Professor of Nothingness, yaitu Prof. William Wu, yang merupakan murid pertama yang pernah dididik Master Mantak Chia dan sampai hari ini menjadi pendamping Mantak Chia yang setia. Setelah bertanya ke Denis dan Walter, keduanya Instruktur Senior di Tao Garden, mereka berdua sarankan saya bertemu William. Maka saya temui beliau.

Begitu saya sebut, “Saya berusaha mencari buku-buku dalam Bahasa Indonesia!” beliau serta-merta katakan,

“Wah, orang Indonesia itu pencuri, penipu! Dia salah satu dari teman saya, murid pertama dari Master Mantak Chia. Tetapi dia tidak pernah membayar ke Master satu sen-pun dari hasil penjualan buku-bukunya di Indonesia. Anda tahu apa yang terjadi? Beliau meninggal dunia 10 tahun lalu. Kalau Anda jahat, Tuhan tidak buta, semua orang jahat akan ditelan oleh kejahatannya sendiri.

Kalau Anda mau, Anda harus mulai dari NOL, NOL, NOL:

sambil melingkar tangannya besar-besar membentuk NOL.

Menanggapi itu saya bilang,

Saya mau berjuang, saya mau menerjemahkan ulang semuanya. Saya berbeban membantu masyarakat Indonesia dan masyarakat Papua dan masyarakat Melanesia. Tetapi sebagian besar Masyarakat Melanesia akan baca dalam versi Bahasa Inggris. Yang butuh terjemahan ialah Masyarakat Papua di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Saya mau buktikan kepada Anda, sejauh mana kemampuan saya, jadi saya minta kalau ada alat penguji, silahkan uji saya.

Mendengar tantangan itu, William langsung katakan,

OK datang ke kantor saya, dan saya akan berikan beberapa bahan untuk Anda terjemahkan. Setelah itu saya akan tanyakan kepada orang Indoensia lain untuk mengecek apakah terjemahan Anda jelas atau tidak.

Saya bersedia.

Maka boleh saya katakan, pekerjaan saya yang pertama dalam Universal Healing Tao System ini sebagai seorang Associate Instructor ialah menjadi penerjemah dari berbagai buku, booklet, pamflet, brosur dan situs yang dimiliki sistem ini dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia.

Mohon dukungan dari semua pihak di seluruh Indonesia untuk pekerjaan mulia ini, pekerjaan yang akan membawa damai, sukacita dan kedamaian hidup di antara manusia di mana-pun “Chi” mengalir mencari penyeimabgan dan keseimbangan.