Ternyata Posisi Tidur Miring ke Kiri Itu Dianjurkan. 10 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan

Ternyata Posisi Tidur Miring ke Kiri Itu Dianjurkan. 10 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan

Ternyata Posisi Tidur Miring ke Kiri Itu Dianjurkan. 10 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan
Ternyata Posisi Tidur Miring ke Kiri Itu Dianjurkan. 10 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan

Tahukah kamu? Ternyata posisi tidur sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, lho. Seperti dikutip dari New York Times, pada umumnya dokter akan menyarankan seseorang untuk tidur miring sehingga gaya gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perutnya. Beberapa orang percaya bahwa tidur miring menghadap kanan akan lebih bagus dari pada menghadap kiri, karena bisa melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya.

Namun kenyataannya nggak selamanya demikian. Tidur menghadap kiri pun bisa memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti yang dikemukakan oleh Dr. John Douillard, selaku pakar kesehatan ayurveda (tradisi pengobatan kuno).

Pengen tahu seperti apa manfaatnya? Hipwee Tips sudah merangkumnya nih buat kamu. Simak, ya!

1. Kinerja jantung lebih maksimal sehingga memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh

Dr. John Douillard, pakar kesehatan ayurveda mengatakan bahwa tidur miring ke kiri membantu mengalirkan getah bening menuju jantung, yang mana hal ini mengurangi beban kerja jantung.

Tidur dengan posisi miring ke kiri akan membantu kinerja jantung dalam memompa darah. Pengaruh gravitasi membuat kinerja jantung lebih ringan. Selain memudahkan aliran getah bening menuju jantung, sirkulasi darah ke jantung juga akan meningkat dan pengambilan pembuluh darah ke jantung akan berkurang.

Intinya, dengan darah yang tersirkulasi maksimal, tubuhmu akan lebih sehat, terhindar dari penyakit kardiovaskular, kulit lebih berseri dan awet muda. Mau ‘kan?

2. Pergerakan makanan pada sistem pencernaan lebih mudah dan lancar, terutama pada lambung, pankreas dan usus

Tidur di sisi kiri menyebabkan lambung dan pankreas menggantung secara alami dan memiliki ruang yang memadai untuk melaksanakan pencernaan. Hal ini akan membuat produksi enzim pankreas bekerja maksimal. Sehingga proses penyerapan makanan dan hormon yang dihasilkan juga lebih efisien.

Selain itu, pergerakan limbah makanan dari usus kecil ke usus besar juga lebih mudah dan lancar. Usus besar kemudian mengangkut bahan limbah ini melalui perut di sebelah kanan, akhirnya membuangnya ke dalam usus turun terletak di sisi kiri tubuh Anda. Metabolisme juga akan mudah bergerak karena peningkatan gravitasi.

3. Terhindar dari ancaman penyakit serius karena fungsi pengeluaran infeksi dan racun lebih maksimal

Menurut pengobatan ayurveda, tidur miring ke kiri memungkinkan tubuh untuk menyaring getah bening yang lebih baik, karena organ limfatik terbesar berada di sisi kiri tubuh, tepatnya di atas ginjal.

Sistem limfatik adalah sistem yang membantu jaringan dan organ untuk membawa cairan yang disebut getah bening ke seluruh tubuh. Cairan getah bening melakukan tugas-tugas penting yakni membawa sel darah putih memerangi infeksi dan membersihkan tubuh dari racun dan zat berbahaya lainnya.

4. Buat kamu yang punya maag, tidur miring ke kiri mencegah naiknya asam lambung dan perut mulas dan mual

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Gastroenterology menemukan bahwa tidur dalam posisi ke kiri dapat membantu mengurangi gejala asam lambung, karena menutup sambungan antara perut dan kerongkongan yang memicu mual dan insomnia.

Coba buktikan, kertika maag kambuh dan perut terasa mulas atau mual, cobalah berbaring ke sisi kiri selama 10 menit. Maka rasa sakit pun akan berkurang.

5. Kamu akan terhindar dari kelelahan, tidurmu akan lebih nyenyak, bangun tidur pun tetap bugar

Kok bisa? Penjelasannya, karena posisi tidur ini membuat hati dan kantung empedu menggantung secara bebas. Dampak positifnya, proses pengeluaran racun pun berjalan dengan lancar sehingga tidur pun akan lebih nyenyak karena nggak terganggu proses ini. Kondisi inilah yang membuat tubuh terhindar dari kelelahan dan bangun tidur pun tetap bugar.

7. Khusus wanita hamil, posisi ini juga melancarkan aliran darah ke janin lebih lancar

Para peneliti dari University of Auckland, Selandia Baru, menyarankan untuk tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri untuk mengurangi risiko mengalami kelahiran mati (keguguran setelah usia 20 minggu).

Menurut penelitian, posisi tidur miring ke kiri punya manfaat agar janin mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta. Selain itu juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh sang ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan.

8. Punggung encok dan pegal-pegal? Tidur miring ke kiri bisa meredakan sakitnya

meredakan sakit punggung juga

meredakan sakit punggung juga via ahealthadvisory.com

Orang yang menderita sakit punggung kronis dapat mengambil manfaat dari posisi tidur ke kiri. Karena pada saat tidur dalam posisi ke kiri akan mengurangi tekanan pada tulang belakang. Kamu akan merasa lebih nyaman dan mendapakan kualitas tidur yang nyenyak.

9. Kebiasaan ngorok atau mendengkur pun akan hilang perlahan dengan posisi tidur miring ke kiri

nggak bakal ngorok kayagini deh

nggak bakal ngorok kaya gini deh via www.snoringmouthpiece-reviews.com

“Cobalah untuk mengubah posisi tidur menjadi miring bila ingin mengurangi dengkuran saat tidur,” saran Dr. Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayaron, Jakarta.

Tidur dengan posisi miring ke kiri saat tidur membuat jalur udara menjadi nggak terganggu. Posisi miring akan membuat jalur kerongkongan nggak terhambat sehingga mengurangi dengkuran.

10. Terakhir, tidur miring ke kiri membantu meredakan varises. Bonusnya, kulitmu makin sehat dan cantik!

sembuhkan varises

sembuhkan varises via cdn.skim.gs

Tidur menghadap ke kiri juga bermanfaat bagi mereka yang menderita varises, terutama di tungkai bawah. Sebab, tidur miring ke kiri membantu mengambil tekanan dari pembuluh darah besar yang disebut vena cava inferior yang terletak di sisi kanan tubuh. Vena ini membawa darah dari bagian bawah tubuh ke jantung.

Sudah tahu ‘kan sekarang? Meski sepele, tapi posisi tidur juga punya pengaruh ke kualitas dan kesehatan tubuh. Jadi, kapan kamu membiasakan diri tidur miring ke kiri?

Sumber: http://www.hipwee.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *