Anjing Sedang Tidur, tetapi Pada Saat yang Sama Tidak Tidur

Rahasia ke-4 untuk Umur Panjang: “sleep like a dog.”

Rahasia ke-4 untuk umur panjang menurut “… and sleep like a dog”..

Anjing Sedang Tidur, tetapi Pada Saat yang Sama Tidak Tidur
Anjing Sedang Tidur, tetapi Pada Saat yang Sama Tidak Tidur

Jawaban terakhir atau keempat dari si Nenek-Moyang atas pertanyaan “Apa rahasia umur panjang?” ialah “sleep like a dog ” (Tidurlah seperti seekor anjing)

Tidur seperti anjing mengadung dua arti penting, sama-sama begitu penting untuk dipraktekkan dalam hidup kita sehari-hari. Pertama, meski secara fisik tidak aktif, semua indra terjaga. Mirip kura-kura duduk, tetapi tanpa metode pernapasan.

Yang kedua, tidur seperti anjing berarti, tidur kapan saja, tidak sulit tidur, tidur dengan mudah, bangun juga dengan semudah tidur.

Masyarakat modern sekarang mengalami kesulitan tidur menurut waktu alamiah di waktu malam, dan akibatnya juga kesulitan bangun di pagi hari.

Dalam UHTS kita melakukan orbit kosmik, inner smile, Six Healing Sounds dan gerakan-gerakan dasar dari Tao Yin untuk menenangkan tubuh dan menidurkan sistem tubuh kita. Dengan menidurkan sistem tubuh, maka tubuh kita sendiri secara otomatis akan “turn off”.

Saya tertarik dengan tulisan tentan pola tidur anjing seperti diuraikan berikut:

Anjing memiliki pola tidur yang sama seperti manusia. Ketika anjing Anda mulai tertidur, ia memasuki gelombang lambat atau fase tidur tenang. Ia sudah pada tahap tidak sadar dengan sekitarnya, napas melambat, tekanan darah dan suhu tubuh menurun dan denyut jantung menurun.

Setelah sekitar 10 menit, anjing akan masuk ke tahap tidur REM (rapid eye movement) atau tahap aktif tidur. Ia akan memutar matanya ke dalam kelopak mata yang tertutup, ia mungkin bisa menggonggong atau melolong atau menekuk kakinya. Selama tahap ini, aktifitas otak mirip dengan yang terlihat pada manusia saat tidur bermimpi, dan ini merupakan bukti bahwa anjing juga memiliki mimpi. Dalam “Mengapa Anjing Tidur Terlalu Banyak?” <https://anjingdijual.com/thread/1448/mengapa-anjing-sering-sekali-tidur>

Dari artikel ini terlihat jelas pola dan tahapan tidur anjing sama persis dengan manusia. Kalau begitu mengapak nenek-moyang usia 200 tahun lebih ini mengatakan kita malahan harus tidur seperti anjing, padahal memang anjing biasa tidur seperti manusia?

Jawabannya saya kembali lagi kepada jawaban saya di atas tadi, yaitu pretama kita tidak harus mengatur secara rigid jam tidur dan berapa jam kita tidur. Sebaiknya pada saat tubuh kita lelah, kita langsung tidur saja, tidak usah dipaksakan untuk bangun, tidak usah dijadwalkan. Sama dengan waktu makan dan waktu minum, kapan kita lapar atau haus sebenarnya kita makan atau minum saja, tanpa harus tunggu jam makan atau jam tidur. Demikianlah seharusnya kita lakukan.

Sama dengan anjing tidak punya jadwal jam tidur dan jam bangun, sama dengan anjing tidur kapan saja, di mana saja, demikianlah saya seharusnya tidur. “ya, itupun kalau saya mau berumur panjang!”

Latar Belakang

Ini artikel kedua dari jawaban nenek tua berumur 256 tahun seperti saya sudah sebutkan dalam blogKisah Kita Semua: (256 Years Old Man Breaks The Silence Before His Death And Reveals SHOCKING Secrets To The World)

Kalimat yang berisi RUMUS EMAS (Goldern Rules) untuk hidup berumur panjang ini keluar dari bibir sang nenek-moyang berusia duaratus tahun lebih ini pada saat ditanyakan oleh seorang penanya “Apa rahasia umur panjang?”

Dan jawabannya sungguh mengejutkan. Bukan Omega-3, bukan multi-vitamin, bukan makan baik-baik, tidak dikatakan makan banyak buah dan daun-daun, tidak juga barang-barang modern lainnya.

Kalau seorang barat di Amerika Serikat atau Inggris diajukan pertanyaan ini, dia kemungkinan besar akan menjawab, “Banyak makan daun-daunan, jauhi makan daging sama sekali, perbanyak minyak ikan, lakukan yoga tiap hari, …” dan sejenisnya.

Kalau saya tanyakan kepada orang di non-Barat, seperti di Malaysia, Indonesia, Papua New Guinea, Vanuatu, maka jawaban seperti “Ya, yang penting banyak beralam, banyak berdoa, perbayak sedekah, insya Allah, akan diberikan umur panjang!”

Si Nenek-Moyang ini memberikan empat jawaban (1) pertama, “keep a quiet heart“, (2) kedua, “sit like a tortoise“; (3) Ketiga, “walk sprightly like a pigeon” dan (4) keempat “sleep like a dog

[ini artikel terakhir adari 4 artikel: kembali ke artikel pertama]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *