Tag Archives: posisi tidur

Arah Tidur, Posisi Tidur

Arah Tidur, Posisi Tidur (Sleeping direction, sleeping positions)

Sleeping-direction-sleeping-positions1
Sleeping-direction-sleeping-positions1

Menurut Sastra Vaastu, tirud merupakan aspek penting dalam kesehatan seseorang. Anda perlu punya lingkungan yang nyaman di tempat tidur anda jika anda ingin tidur yang enak. Arah tidur juga aspek yang penting untuk dipertimbangkan bagi setiap individu, karena memilih arah tidur yang salah dapat membangkitkan banyak permaslahan kesehatan.

Anda harus terus menjaga kepala mengarah ke timur selama tidur agar tidur anda tidak mengalami gangguan. Arah tidur lain yang baik ialah kepala mengarah ke barat. Bila kepala anda diarahkan sesuai ini, akan mudah disuplai dengan energi positif dalam diri seseorang saat kapan saja mereka bangun. Sirkulasi darah seseorang juga akan meningkat dengan bantuan arah tidur yang benar.

Tidur yang tepat begitu vital untuk setiap orang pada semua kelompok usia. Berdasarkan penelitian setiap individu harus tidur selama 7 – 8 jam setiap hari. Tidur yang tepat membantu konsentrasi dalam pekerjaan apa saja yang kita lakukan. Masa-masa ini orang melakukan banyak pekerjaan dengan otak. Ini menciptakan stres dan tensi. Hanya dengan tidur delapan jam dapat membantu mereka tetap rileks dan menurunkan stres karena pekerjaan.

Pada saat yang sama posisi tidur mempainkan peran penting dalam membantu tidur yang baik. Orang-orang dapat menemui komplikasi mental dan fisik bila posisi tidur tidak tepat. Mari kita bahas tentang posisi tidur dan arah tidur yang harus anda ikuti

Arah Utara Selatan

Jangan sama sekali tidur dengan kepala mengarah ke utara saat anda tidur karena ruang magnetik dari Bumi ada di arah utara. Jadi, di utara, ke arah selatan akan dilihat sebagai terlempar keluar dari arah. Tidur dengan arah ini punya efek bahaya juga. Anda akan dapat gangguan tidur dan mimpi-mimpi buruk

Sektor barat daya

Menurut ahli, kuadran yang paling kuat dalam Vastu Sastra ialah barat daya. Inilah wilayah di mana semua energi positif disimpan.

Kepala mengarah ke selatan.

Arah tidur ada teorinya disarikan dari mitologi India. Menurut ini, Tuan Yama adalah pemilik arah selatan. Ia biasanya dikenal sebgai Tuhan kematian. jadi, kalau seseorang meletakkan kakinya ke arah selatan dan kepala ke arah utara, pastilah dia mengundang Tuhan Kematian.

Selain dari mitologi India yang umumnya diterima ini, ada penjelasan ilmiah terkait dengan peletakkan kepala dan kaki saat tidur. Hukum Magnetisme sebagaimana dinyatakan dalam Ilmu Fisika mengatakan Kutub Utara dikenal sebagai sumber dari energi negatif sementara Kutub Selatan dianggap sebagai tempat di mana ada energi positif. Bila kaki anda menghadap ke arah selatan dan kepala ke arah Utara di mana ada otak, yang mana otak, yang telah dengan lelah bekerja sepanjang hari dan telah menjadi lelah itu mendapatkan ketambahan energi negatif, maka seseorang tidak akan mendapatkan energinya di-revitaliasi dengan baik begitu mereka bangun dari tidur mereka di pagi hari. Akibatnya, mereka tidak ada pada posisi untuk bekerja dengan efektif di pagi hari berikutnya begitu mereka bangun. Efisiensi otak akan direduksi karena vektor arah tadi.

Arah terbaik untuk tidur

Baik Vastu Sastra India dan Fen China berbicara tentang sejumlah arah geografis yang disukai untuk meletakkan kepala saat tidur. Arah yang disukai untuk diletakkan pada saat tidur adalah baik ke arah tiur dan ke Selatan. Anda akan terselamatkan dari dampak negatif kalau anda menghindari arah utara dan barat. Anda akan belajar banyak hal dengan cepat, bilan anda meletakkan arah kepala anda ke timur. Orang yang meletakkan kepada selalu di selatan akan tetapi hidup berbudi luhur.

Fakta tentang arah tidur ke utara

Apakah anda tetap mengarahkan kepala ke utara saat tidur? Ini dapat dikatakan praktek hidup yang sama sekali salah. Ilmu pengetahuan mengatakan bentuk magnetik yang datang dari Bumi ada di arah utara. Jadi, ruang yang begitu kuat dapat mendatangkan sejumlah permasalahan. Anda dapat gangguan dalam tidur dan juga sepanjang mimpi buruk anda.

Tidur dengan posisi melengkung

Sejalan dengan arah tidur tadi, posisi atau postur tubuh waktu tidur juga memainkan peran penting. Kalau anda tidur melengkungkan tubuh anda ke arah mana saja, anda akan menjadi tertekan dengan gelombang-gelombak yang dominan Tama. Gelombang ini datang dari atmosfir dan masuk ke dalam tubuh. Karena dengan ini anda dapat permasalahan yang tidak perlu dalam gerakan-gerakan tubuh anda, malam yang sulit tidur dan tidak nyaman saat tidur. Yang baik adalah menjaga badan tetap lurus pada saat anda tidur.

Arah timur barat

Sleeping-direction-sleeping-positions1
Sleeping-direction-sleeping-positions1

Para ahli mengatakan bahwa posisi timur ke barat ialah posisi terbaik untuk setiap orang untuk mendapatkan kesehatan yang baik dan tidur yang nyenak. Gelombang dalam arah ini positif dan menyediakan semua jenis energi positif kepada tubuh anda. Mitologi kuno juga mengatakan bahwa berkat dari tuhan selalu tersedia di arah ini. Arah ini dilengkapi dengan Kriyak Shakti atau energi tindakan. Tubuh anda akan dipenuhi dengan gelombang sattvik. Anda pasti akan dapatkan tidur yang bagus dan mendapatkan energi yang penuh untuk bekerja setelah anda bangun.

Catatan UHTS:

  1. Kalau ada terjadi keslahan dalam posisi tidur, atau Anda sulit menentukan semua ini, menurut UHTS, masih ada praktek-praktek seperti Inner Smile, Six Healing Sounds and Micro-Cosmic Orbit dan Macro-Cosmic Orbit yang bisa membantu kita menetralisir dan merevitalisasi energi.
  2. Ada pengajaran baru diperkenalkan oleh Grandmaster Mantak Chia, yaitu pijat, pernafasan, gerakan denyut, yaitu praktek-praktek menyesuaikan diri kita dengan denyut planet Bumi dan denyut jagatraya.
  3. Sebaiknya kita ikuti saran2 dalam artikel ini ditambah dengan praktek-praktek UHTS, maka kita akan pasti hidup lebih sehat.

Ternyata Posisi Tidur Miring ke Kiri Itu Dianjurkan. 10 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan

Ternyata Posisi Tidur Miring ke Kiri Itu Dianjurkan. 10 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan
Ternyata Posisi Tidur Miring ke Kiri Itu Dianjurkan. 10 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan

Tahukah kamu? Ternyata posisi tidur sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, lho. Seperti dikutip dari New York Times, pada umumnya dokter akan menyarankan seseorang untuk tidur miring sehingga gaya gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perutnya. Beberapa orang percaya bahwa tidur miring menghadap kanan akan lebih bagus dari pada menghadap kiri, karena bisa melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya.

Namun kenyataannya nggak selamanya demikian. Tidur menghadap kiri pun bisa memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti yang dikemukakan oleh Dr. John Douillard, selaku pakar kesehatan ayurveda (tradisi pengobatan kuno).

Pengen tahu seperti apa manfaatnya? Hipwee Tips sudah merangkumnya nih buat kamu. Simak, ya!

1. Kinerja jantung lebih maksimal sehingga memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh

Dr. John Douillard, pakar kesehatan ayurveda mengatakan bahwa tidur miring ke kiri membantu mengalirkan getah bening menuju jantung, yang mana hal ini mengurangi beban kerja jantung.

Tidur dengan posisi miring ke kiri akan membantu kinerja jantung dalam memompa darah. Pengaruh gravitasi membuat kinerja jantung lebih ringan. Selain memudahkan aliran getah bening menuju jantung, sirkulasi darah ke jantung juga akan meningkat dan pengambilan pembuluh darah ke jantung akan berkurang.

Intinya, dengan darah yang tersirkulasi maksimal, tubuhmu akan lebih sehat, terhindar dari penyakit kardiovaskular, kulit lebih berseri dan awet muda. Mau ‘kan?

2. Pergerakan makanan pada sistem pencernaan lebih mudah dan lancar, terutama pada lambung, pankreas dan usus

Tidur di sisi kiri menyebabkan lambung dan pankreas menggantung secara alami dan memiliki ruang yang memadai untuk melaksanakan pencernaan. Hal ini akan membuat produksi enzim pankreas bekerja maksimal. Sehingga proses penyerapan makanan dan hormon yang dihasilkan juga lebih efisien.

Selain itu, pergerakan limbah makanan dari usus kecil ke usus besar juga lebih mudah dan lancar. Usus besar kemudian mengangkut bahan limbah ini melalui perut di sebelah kanan, akhirnya membuangnya ke dalam usus turun terletak di sisi kiri tubuh Anda. Metabolisme juga akan mudah bergerak karena peningkatan gravitasi.

3. Terhindar dari ancaman penyakit serius karena fungsi pengeluaran infeksi dan racun lebih maksimal

Menurut pengobatan ayurveda, tidur miring ke kiri memungkinkan tubuh untuk menyaring getah bening yang lebih baik, karena organ limfatik terbesar berada di sisi kiri tubuh, tepatnya di atas ginjal.

Sistem limfatik adalah sistem yang membantu jaringan dan organ untuk membawa cairan yang disebut getah bening ke seluruh tubuh. Cairan getah bening melakukan tugas-tugas penting yakni membawa sel darah putih memerangi infeksi dan membersihkan tubuh dari racun dan zat berbahaya lainnya.

4. Buat kamu yang punya maag, tidur miring ke kiri mencegah naiknya asam lambung dan perut mulas dan mual

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Gastroenterology menemukan bahwa tidur dalam posisi ke kiri dapat membantu mengurangi gejala asam lambung, karena menutup sambungan antara perut dan kerongkongan yang memicu mual dan insomnia.

Coba buktikan, kertika maag kambuh dan perut terasa mulas atau mual, cobalah berbaring ke sisi kiri selama 10 menit. Maka rasa sakit pun akan berkurang.

5. Kamu akan terhindar dari kelelahan, tidurmu akan lebih nyenyak, bangun tidur pun tetap bugar

Kok bisa? Penjelasannya, karena posisi tidur ini membuat hati dan kantung empedu menggantung secara bebas. Dampak positifnya, proses pengeluaran racun pun berjalan dengan lancar sehingga tidur pun akan lebih nyenyak karena nggak terganggu proses ini. Kondisi inilah yang membuat tubuh terhindar dari kelelahan dan bangun tidur pun tetap bugar.

7. Khusus wanita hamil, posisi ini juga melancarkan aliran darah ke janin lebih lancar

Para peneliti dari University of Auckland, Selandia Baru, menyarankan untuk tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri untuk mengurangi risiko mengalami kelahiran mati (keguguran setelah usia 20 minggu).

Menurut penelitian, posisi tidur miring ke kiri punya manfaat agar janin mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta. Selain itu juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh sang ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan.

8. Punggung encok dan pegal-pegal? Tidur miring ke kiri bisa meredakan sakitnya

meredakan sakit punggung juga

meredakan sakit punggung juga via ahealthadvisory.com

Orang yang menderita sakit punggung kronis dapat mengambil manfaat dari posisi tidur ke kiri. Karena pada saat tidur dalam posisi ke kiri akan mengurangi tekanan pada tulang belakang. Kamu akan merasa lebih nyaman dan mendapakan kualitas tidur yang nyenyak.

9. Kebiasaan ngorok atau mendengkur pun akan hilang perlahan dengan posisi tidur miring ke kiri

nggak bakal ngorok kayagini deh

nggak bakal ngorok kaya gini deh via www.snoringmouthpiece-reviews.com

“Cobalah untuk mengubah posisi tidur menjadi miring bila ingin mengurangi dengkuran saat tidur,” saran Dr. Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayaron, Jakarta.

Tidur dengan posisi miring ke kiri saat tidur membuat jalur udara menjadi nggak terganggu. Posisi miring akan membuat jalur kerongkongan nggak terhambat sehingga mengurangi dengkuran.

10. Terakhir, tidur miring ke kiri membantu meredakan varises. Bonusnya, kulitmu makin sehat dan cantik!

sembuhkan varises

sembuhkan varises via cdn.skim.gs

Tidur menghadap ke kiri juga bermanfaat bagi mereka yang menderita varises, terutama di tungkai bawah. Sebab, tidur miring ke kiri membantu mengambil tekanan dari pembuluh darah besar yang disebut vena cava inferior yang terletak di sisi kanan tubuh. Vena ini membawa darah dari bagian bawah tubuh ke jantung.

Sudah tahu ‘kan sekarang? Meski sepele, tapi posisi tidur juga punya pengaruh ke kualitas dan kesehatan tubuh. Jadi, kapan kamu membiasakan diri tidur miring ke kiri?

Sumber: http://www.hipwee.com 

Posisi tidur dan hubungannya untuk kesehatan

Posisi tidur dan hubungannya untuk kesehatan
Posisi tidur dan hubungannya untuk kesehatan

DokterSehat.Com– Mungkin ketika anda tidur, anda dapat melakukan berbagai macam posisi tidur untuk mebuat anda lebih nyaman. Akan tetapi apakah anda tahu bahwa posisi tidur berpengrauh dalam kesehatan tubuh anda ?

Posisi tidur yang anda lakukan pada malam hari akan berpengaruh pada kebugaran anda esok harinya, abila mendapati posisi tidur anda yang salah akibatnya badan anda akan merasa kurang fit dan mengurangi kinerja anda esok hari. Berikut adalah beberapa panduan bagaimana posisi tidur yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Tidur telentang memiliki manfaat yang sama dengan melakukan Yoga

Tidur dengan posisi telentang ternyata sama manfaatnya ketika Anda melakukan gerakan yoga “Savasana” atau yang biasa disebut dengan “death pose” yaitu posisi berbaring lurus. Para ahli Yoga menjelaskan posisi ini bisa memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit kepala, memulihkan energi dan mengurangi insomnia. Terlebih jika matras yang dipakai mengikuti bentuk tubuh Anda saat tidur.

Satu-satunya masalah pada posisi ini adalah pada orang orang yang sering mendengkur dikarenakan lidah nya terjatuh ke belakang dan mengganggu saluran pernafasan sehingga timbullah suara mendengkur.

Tidur tengkurap bisa mencederai leher

Banyak orang tidur dengan posisi tengkurap baik secara sadar atau tidak sadar, dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut sangat berpotensi mencederai beberapa bagian tubuh Anda, terutama leher Anda. Ketika Anda tengkurap untuk waktu yang lama, anda meletakkan tekanan yang tidak semestinya pada bagian atas tubuh anda. Anda juga menaruh leher anda pada posisi yang tidak nyaman.

Masalah tidur tengkurap tidak hanya pada leher. Anda juga akan meletakkan beban terlalu berat pada paru paru Anda, yang bisa mengganggu sistem pernapasan. Posisi tidur tengkurap harus dihindari sebisa mungkin.

Tidur miring ke kiri bagus untuk jantung

Posisi tidur miring ke kiri membantu sirkulasi dan peredaran darah pada jantung, dan juga menghindari tekanan langsung pada liver. Oleh sebab itulah banyak ahli kandungan yang menyarankan ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke kiri dikarenakan Posisi tersebut secara riset adalah posisi paling nyaman saat mengandung, dan juga dipercaya sirkulasi gizi bayi melalui ari ari bisa disalurkan dengan lebih baik.

Tidur miring ke kanan menaikkan asam lambung

Tidur miring ke kanan dapat meningkatkan resiko naiknya asam lambung yang dapat menyebabkan insomnia dan rasa tidak nyaman pada perut. Penderita asam lambung sebaiknya melatih tidur dengan cara berganti posisi ke kiri pada malam hari.

Read more:http://doktersehat.com/posisi-tidur-dan-hubungannya-untuk-kesehatan/#ixzz4sjbq6o5F

Manfaat Tidur Miring ke Kanan

Doktersehat.com– Tidur sangat dibutuhkan untuk mengembalikan stamina tubuh. Pada dasarnya, sesorang tidak menyadari gerakan yang dilakukan pada waktu tidur. Posisi tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satu posisi tidur yang dianjurkan adalah tidur dengan posisi miring ke kanan. Karena, tidur dengan posisi miring ke kanan mempunyai dampak positif bagi kesehatan.

Posisi tidur seseorang biasanya tidak berubah dan menjadi ciri khasnya. Tidur yang paling rileks adalah menghadap ke kanan atau kiri. Dari dua arah ini mana arah tidur yang paling bagus?

Tidur Menghadap Ke Kanan

Seperti dikutip dari NYTimes, Selasa (26/10/2010) pada umumnya dokter akan menyarankan orang tidur miring sehingga gaya gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perut.

Banyak yang percaya tidur miring menghadap kanan lebih bagus dari pada menghadap kiri, karena bisa melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya.

Tapi ternyata tak selamanya demikian. Tidur menghadap kiri pun bisa memberikan manfaat untuk kesehatan terutama pada orang yang memiliki gangguan asam lambung.

Fakta menunjukkan bahwa posisi tidur menghadap ke kiri sangat penting bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung seperti timbulnya rasa panas terbakar di perut (heartburn), karena posisi yang salah bisa membuat asam lambung masuk ke kerongkongan dan memicu insomnia.

Sebaliknya beberapa studi telah menemukan bahwa tidur menghadap ke kanan akan memperburuk kondisi tersebut di atas, sedangkan jika menghadap kiri bisa membantu menenangkan.

Bagi penderita gangguan lambung, tidur menghadap kanan membuat esophageal sphincter (saluran antara perut dan kerongkongan) melemah yang membuat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga bikin perih di lambung.

Selain itu bagi penderita gangguan lambung, tidur dengan posisi menghadap kiri akan membuat sambungan antara perut dan kerongkongan tidak terbuka meskipun kadar asam lambung tinggi. Hasil studi ini dilaporkan dalam The Journal of Clinical Gastroenterology.

Dalam penelitian lain yang dimuat The American Journal of Gastroenterology menunjukkan bahwa tidur dengan posisi miring ke kanan bagi penderita lambung akan meningkatkan asam lambung dan kerongkongan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghilangkannya.

Berikut adalah menfaat dari tidur dengan posisi miring ke kanan.

Mengistirahatkan otak kiri. Pada dasarnya, otak manusia dibagi menjadi dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak bagian bertugas mempersarafi organ tubuh sebelah kiri, begitu juga sebaliknya. Dalam keseharian, kita sering menggunakan organ tubuh sebelah kanan. Dengan tidur miring ke kanan, maka gantian otak kiri yang mensarafi organ tubuh sebelah kanan. Dan ini dapat menghindarkan dari bahaya yang timbul seperti pengendapan pembekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan penyempitan pembuluh darah.

Mengurangi beban jantung. Dengan posisi miring ke kanan saat tidur dapat membuat darah terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan. Hal ini membuat aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih melambat sehingga denyut jantung lebih lambat dan tekanan darah akan menurun. Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa orang lain karena posisi jantung lebih condong ke sebelah kiri.

Mengistirahatkan lambung. Apabila seseorang tidur degan posisi miring ke kiri dapat menyebabkan chime ( makanan yang dicerna lambung yang bercampur asam lambung) akan terganggu dan akan memperlambat proses pengosongan lambung.
Mencegah batu kantung empedu. Dengan tidur miring ke kanan menyebabkan aliran chiem lancar sehingga cairan empedu meningkat. Hal ini dapat mencegah batu kantung empedu.

Meningkatkan waktu penyerapan gizi. Saat tidur akan akan terjadi pergerakan usus yang meningkat. Dengan posisi tidur miring ke kanan akan membuat perjalan makanan yang tercerna lebih lama, sehingga penyerapan sari makanan lebih optimal.
Merangsang buang air besar. Dengan tidur miring ke kanan akan membuat proses pengisian usus besar lebih cepat penuh sehingga merangsang gerak usus besar dan relaksasi dari otot anus. Ini akan merangsang untuk buang air besar.

Mengistirahatkan kaki kiri. Dalam aktifitas keseharian kita cenderung menggunakan kaki sebagai pusat pembeban sehingga kaki cepat merasa pegal. Dengan tidur miring ke kanan akan membantu pengosongan vena kaki kiri sehinnga rasa pegal lebih cepat hilang.

Menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru kanan lebih besar daripada paru-paru kiri. Saat tidur miring ke kanan, jantung juga akan condong ke kanan. Hal ini tak masalah karena jantung akan menekan paru-paru kanan yang ukurannya lebih besar.
Menjaga saluran pernafasan. Dengan tidur miring ke kanan akan mencegah jatuhnya pangkal lidah yang dapat mengganggu saluran pernafasan.

Untuk sekarang apa salahnya kita membiasakan dengan tidur miring ke kanan untuk memperoleh posisi tidur yang sehat.

Sumber : http://pusatsehat.com & http://tipskesehatan.web.id
Read more:http://doktersehat.com/manfaat-tidur-miring-ke-kanan/#ixzz4sjbMGdBr

 

Manfaat Tidur Miring ke Kiri

Manfaat Tidur Miring ke Kiri
Manfaat Tidur Miring ke Kiri

KOMPAS.com Kita semua tahu bahwa durasi tidur yang cukup sangat memiliki peran penting untuk menciptakan kesejahteraan mental dan fisik. Di luar itu, ternyata posisi tidur menjadi faktor pendukung dalam mencapai kesehatan yang optimal.

Tidur dengan posisi menyamping atau miring ke kiri dikatakan bisa menjadi tiket menuju kesehatan yang lebih baik dan tidur berkualitas. Teori ini berawal dari Ayurveda yang menerapkan pendekatan holistik terhadap kesehatan dan pengobatan yang berasal dari India.

Lalu apa manfaat tidur dengan posisi menyamping atau miring ke kiri? Ternyata itu baik untuk pencernaan, punggung dan organ liver kita. Seperti dilansir dari laman Life Hack, berikut adalah enam manfaat yang akan Anda dapatkan ketika tidur dengan posisi menyamping atau miring ke kiri.

1. Memperkuat sistem limfatik

Menurut pengobatan Ayurveda, tidur di sisi kiri memungkinkan tubuh Anda untuk lebih efektif menyaring cairan getah bening dan kotoran melalui kelenjar getah bening. Ini karena bagian kiri tubuh kita adalah sisi limfatik yang dominan. Selain itu, tidur miring ke kiri juga membantu tubuh memproses material sisa dari otak. Sebaliknya, tidur di sisi kanan bisa menurunkan efisiensi sistem limfatik.

2. Memperbaiki pencernaan

Berbaring ke sisi kiri ternyata selaras dengan gravitasi. Secara spesifik, hal ini memungkinkan makanan di perut dengan mudah berpindah dari usus besar ke dalam kolon desendens (dengan kata lain kita cenderung lebih lancar buang air besar saat bangun tidur).

Tidur di sisi kiri juga memungkinkan perut dan pankreas menggantung secara alami (lambung kita terletak di sisi kiri tubuh), yang dapat menjaga produksi enzim pankreas dan proses pencernaan lainnya.

3. Bagus untuk jantung

Dokter telah lama merekomendasikan agar wanita hamil tidur di sisi kiri agar dapat memperbaiki sirkulasi jantung. Bahkan jika Anda tidak hamil, tidur di sisi kiri dapat membantu mengurangi tekanan jantung, karena gravitasi dapat memperlancar pengeluaran getah bening ke arah sirkulasi aorta dari jantung.

4. Baik untuk wanita hamil

Tidur di sisi kiri tidak hanya memperbaiki sirkulasi pada wanita hamil. Hal ini juga dapat membantu meredakan tekanan di punggung, dan meningkatkan aliran darah ke rahim, ginjal, dan janin. Untuk alasan ini, dokter cenderung menyarankan agar ibu hamil menghabiskan waktu tidur mereka sebanyak mungkin di sisi kiri mereka.

5. Mengurangi rasa mulas

Sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Clinical Gastroenterology menemukan, berbaring di sisi kiri dapat membantu mengurangi gejala asam refluks. Sekali lagi ini karena lambung kita terletak di sisi kiri. Sebaliknya, berbaring di sisi kanan bisa memperparah gejala tersebut. Bila Anda menderita heart burn setelah makan, cobalah berbaring selama 10 menit di sisi kiri Anda.

6. Meringankan sakit punggung

Orang yang menderita sakit punggung kronis atau menahun mungkin akan mendapatkan manfaat dari beralih tidur ke sisi kiri karena tekanan pada tulang belakang akan lebih sedikit.

Catatan

Penting untuk dicatat, bahwa beberapa orang termasuk mereka yang menderita penyakit jantung, sleep apnea, glaukoma, dan sindrom karpal tunnel mungkin tidak mendapatkan keuntungan dari tidur miring.

Mana yang Lebih Bagus, Tidur Menghadap Kiri atau Kanan?

Posissi Tidur untuk Hidup Sehat
Posissi Tidur untuk Hidup Sehat

Jakarta, Posisi tidur seseorang biasanya tidak berubah dan menjadi ciri khasnya. Tidur yang paling rileks adalah menghadap ke kanan atau kiri. Dari dua arah ini mana arah tidur yang paling bagus?

Seperti dikutip dari NYTimes, Selasa (26/10/2010) pada umumnya dokter akan menyarankan orang tidur miring sehingga gaya gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perut.

Banyak yang percaya tidur miring menghadap kanan lebih bagus dari pada menghadap kiri, karena bisa melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya.

Tapi ternyata tak selamanya demikian. Tidur menghadap kiri pun bisa memberikan manfaat untuk kesehatan terutama pada orang yang memiliki gangguan asam lambung.

Fakta menunjukkan bahwa posisi tidur menghadap ke kiri sangat penting bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung seperti timbulnya rasa panas terbakar di perut (heartburn), karena posisi yang salah bisa membuat asam lambung masuk ke kerongkongan dan memicu insomnia.

Sebaliknya beberapa studi telah menemukan bahwa tidur menghadap ke kanan akan memperburuk kondisi tersebut di atas, sedangkan jika menghadap kiri bisa membantu menenangkan.

Bagi penderita gangguan lambung, tidur menghadap kanan membuat esophageal sphincter (saluran antara perut dan kerongkongan) melemah yang membuat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga bikin perih di lambung.

Sebaliknya bagi penderita gangguan lambung, tidur dengan posisi menghadap kiri akan membuat sambungan antara perut dan kerongkongan tidak terbuka meskipun kadar asam lambung tinggi. Hasil studi ini dilaporkan dalam The Journal of Clinical Gastroenterology.

Dalam penelitian lain yang dimuat The American Journal of Gastroenterology menunjukkan bahwa tidur dengan posisi miring ke kanan bagi penderita lambung akan meningkatkan asam lambung dan kerongkongan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghilangkannya.

Jadi jika menderita asam lambung atau insomnia, seseorang disarankan tidur miring menghadap ke kiri agar tidurnya menjadi lebih nyenyak.

(ver/ir)

Sumber: https://health.detik.com