Tag Archives: pola konsumsi

Hukum Alam: Tubuh Kita Punya “Clock” Yang Harus Kita Sesuaikan Kalau Mau Hidup Sehat

Hukum Alam tubuh kita punya “clock” yang harus kita taati kalau kita mau hidup sehat

Saya diingatkan dengan membaca artikel “Tips Sehat! Jam Kerja Biologis Organ Tubuh Manusia” berisi jam-jam biologi tubuh kita. Dari Grandmaster Mantak Chia, saya diajarkan dengan terang-benderang bahwa tubuh kita ini secarea alamiah memiliki dan mengikuti dengan sepenuhnya hukum-hukum alamiah yang berlaku baginya. Yang membuat tubuh kita menjadi “kacau” dan “tidak sehat” ialah perilaku, budaya, perkembangan dan kebiasaan kita yang tidak mengikuti hukum-hukum yang baku dimaksud.

Grandmaster Chia selalu katakan bahwa apapun yang kita lakukan, bagaimanapun pola hidup kita, yang jelas hukum alam yang berlaku dalam tubuh kita tidak pernah berubah. Tubuh kita hanya melakukan penyesuaian-penyesuaian, tubuh kita menyesuaikan diri dengan perilaku buruk atau baik yang kita jalani.

Misalnya tubuh kita punya jam kerja pembuangan sampah di pagi hari. Oleh karena itu, begitu kita bangun, kita langsung merasa mau buang air. Contoh lain, setelah makan siang, biasanya tubuh kita secara otomatis mau beristirahat. Saya biasanya mengatasinya dengan cara minum kopi atau melakukan kegiatan-kegiatan lain. Akan tetapi sebenarnya pada siang hari setelah makan, minimal 30 menit harus saya berikan waktu untuk tubuh saya mengolah makanan yang barusan saya masukkan ke lambung saya.

Pada saat kita melakukan kegiatan-kegiatan menurut jadwal manusia, misalnya saat retreat atau di sekolah, maka kita memaksa tubuh kita yang sudah punya jadwal tetapi itu menyesuaikan diri dengan jadwal kita sendiri. Ada banyak dari kita juga yang sering makan di waktu malam, atau larut malam karena kita merasa lapar di malam hari.

Kebiasaan-kebiasaan di luar jadwal tubuh menurut hukum alam ini sebenarnya sudah harus kita tanggapi sebagai sebuah pertanda kita tidak sehat. Tubuh kita secara alamiah melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan pola hidup kita. Tetapi tubuh kita tidak merubah jadwal biologi menurut hukum alam yang dimilikinya, ia hanya menambahkan jadwal baru menurut perilaku kita. Akibatnya kita akan merasa lapar tengah malam misalnya. Padahal tubuh kita secara alamiah tidak harus minta makan saat sudah larut malam.

Untuk mengembalikan tubuh yang sudah salah jadwal karena pola hidup kita yang salah ini, Grandmaster Chia mengatakan, kita jawab permintaan makan dengan “minum air putih saja”, dan tubuh kita akan tahu ada sesuatu yang dimasukkan. Toh jadwal menurut hukum alam tubuh kita tidak akan bekerja pada waktu itu untuk mengolah makanan, sehingga apapun yang masuk dianggap tubuh sebagai sesuatu, dalam bentuk cair atau padat tidak menjadi masalah.

Saya anjurkan kita rujuk ke artikel Tips Hidup Sehat, yang telah disampaikan sehingga kita tidak mendatangkan penyakit kepada diri kita sendiri.

Dalam pengajaran Universal Healing Tao dikatakan bahwa kita adalah “Guru dan Perawat dari Diri Sendiri” (Become Your Own Teacher and Healer) sehingga pada akhirnya kita tidak akan butuh orang lain untuk menjawab masalah kesehatan kita, karena hidup kita sepenuhnya dan seutuhnya adalah tanggung-jawab kita.

Lima Alasan Mengapa Coke Buruk untuk Kesehatan Anda

Monday, 03 November 2014 8631
Coke = Minuman berdesis kebanyakan diproduksi Coca Cola

Judul Asli: 5 Reasons Why Coke Is Bad For Your Health
Sumber: http://wmnlife.com/health/5-reasons-why-coke-is-bad-for-your-health

Orang yang menjaga diet mereka dan memperhatikan apa yang mereka makan dan minum sudah tahu bahwa coke seharusnya dihindari. Hampir dokter manapun akan menyarankan anda demikian.

Bahan kimia dan gula yang ada dalam minuman berdesis seperti ini merusak kesehatan anda. Mereka pertama sangat membuat anda ketagihan dan menghentikan kebiasaan buruk ini tidaklah mudah seperti dibayangkan. Jangan minum Coke kalau mau hidup fit dan sehat.

Kerusahan apa saja disebabkan oleh Coke?

1. Gigi buruk

Terjadi pelubangan saat kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan keasam-asaman. Tanpa terkeciuali Coke. Coke mengandung keduanya dan merusak enamel. Untuk memperbaikinya akan keluarkan duit. Pekerjaan kesehatan gigi tidak-lah pernah murah. Tentu saja, Anda bisa mencoba dan menyikat gigi anda setelah minum soda, tetapi pilihan lebih pandai ialah menghindarinya dan minum saja air putih.

2. Resiko diabetes

Carbs ialah nama lain dari gula. Kebanyakan makanan mengandung banyak sekali carbs. Menambahkan lagi dengan Coke tentu saja memperburuk masalah yang sudah ada. Hanya dalam 20 menit tekanan darah anda akan meningkat. BEgitu sulit menyembuhkan diabetes dan karena itulah kami sarankan anda minum semua mereka minuman soda, termausk Coke.

3. Metabolisme menjadi sangat kurang

Jangan percaya kepada iklan komersial di mana ada olahragawan terkenal minum Coke setelah selesai latihan. Berat anda pasti akan bertambah terus dengan minum Coke karena soda mengangung gula akan memperlambat metabolisme dan tubuh anda tidak melakukan pembakaran gemuk secara efisien. Minum air putih saja!

4. Aspartame yang ada dalam Coke membengaruhi organ dalam

Informasi tentang “Aspartame”: https://www.google.co.th/search?q=what+is+Aspartame&gws_rd=cr,ssl&ei=P0HhVOfwAs6MuATy8oKABw

Aspartame masih sednag dipelajari. Ia dikenal sebagai penyebab dari banyak penyakit. Tidak soal jenis Coke mana yang anda hindari atau pilih – anda bertanggungjawab atas tubuh anda, maka pilihan bijak ialah menghindarinya, bukan mengobatinya.

5. Coke mempengaruhi kesuburan

Konsumsi Coke secara regular punya dampak negatif terhadap sistem reproduksi anda. Bahan kimia dari kebanyakan minuman yang paling berdesis yang dikandung membawa dampak merugikan organ anda yang bertanggungjawab untuk reproduksi. Bagi penggemar Coke perlu camkan kabar buruk ini di pikiran mereka.