Manfaat Tidur Miring ke Kiri

Manfaat Tidur Miring ke Kiri

Manfaat Tidur Miring ke Kiri
Manfaat Tidur Miring ke Kiri

KOMPAS.com Kita semua tahu bahwa durasi tidur yang cukup sangat memiliki peran penting untuk menciptakan kesejahteraan mental dan fisik. Di luar itu, ternyata posisi tidur menjadi faktor pendukung dalam mencapai kesehatan yang optimal.

Tidur dengan posisi menyamping atau miring ke kiri dikatakan bisa menjadi tiket menuju kesehatan yang lebih baik dan tidur berkualitas. Teori ini berawal dari Ayurveda yang menerapkan pendekatan holistik terhadap kesehatan dan pengobatan yang berasal dari India.

Lalu apa manfaat tidur dengan posisi menyamping atau miring ke kiri? Ternyata itu baik untuk pencernaan, punggung dan organ liver kita. Seperti dilansir dari laman Life Hack, berikut adalah enam manfaat yang akan Anda dapatkan ketika tidur dengan posisi menyamping atau miring ke kiri.

1. Memperkuat sistem limfatik

Menurut pengobatan Ayurveda, tidur di sisi kiri memungkinkan tubuh Anda untuk lebih efektif menyaring cairan getah bening dan kotoran melalui kelenjar getah bening. Ini karena bagian kiri tubuh kita adalah sisi limfatik yang dominan. Selain itu, tidur miring ke kiri juga membantu tubuh memproses material sisa dari otak. Sebaliknya, tidur di sisi kanan bisa menurunkan efisiensi sistem limfatik.

2. Memperbaiki pencernaan

Berbaring ke sisi kiri ternyata selaras dengan gravitasi. Secara spesifik, hal ini memungkinkan makanan di perut dengan mudah berpindah dari usus besar ke dalam kolon desendens (dengan kata lain kita cenderung lebih lancar buang air besar saat bangun tidur).

Tidur di sisi kiri juga memungkinkan perut dan pankreas menggantung secara alami (lambung kita terletak di sisi kiri tubuh), yang dapat menjaga produksi enzim pankreas dan proses pencernaan lainnya.

3. Bagus untuk jantung

Dokter telah lama merekomendasikan agar wanita hamil tidur di sisi kiri agar dapat memperbaiki sirkulasi jantung. Bahkan jika Anda tidak hamil, tidur di sisi kiri dapat membantu mengurangi tekanan jantung, karena gravitasi dapat memperlancar pengeluaran getah bening ke arah sirkulasi aorta dari jantung.

4. Baik untuk wanita hamil

Tidur di sisi kiri tidak hanya memperbaiki sirkulasi pada wanita hamil. Hal ini juga dapat membantu meredakan tekanan di punggung, dan meningkatkan aliran darah ke rahim, ginjal, dan janin. Untuk alasan ini, dokter cenderung menyarankan agar ibu hamil menghabiskan waktu tidur mereka sebanyak mungkin di sisi kiri mereka.

5. Mengurangi rasa mulas

Sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Clinical Gastroenterology menemukan, berbaring di sisi kiri dapat membantu mengurangi gejala asam refluks. Sekali lagi ini karena lambung kita terletak di sisi kiri. Sebaliknya, berbaring di sisi kanan bisa memperparah gejala tersebut. Bila Anda menderita heart burn setelah makan, cobalah berbaring selama 10 menit di sisi kiri Anda.

6. Meringankan sakit punggung

Orang yang menderita sakit punggung kronis atau menahun mungkin akan mendapatkan manfaat dari beralih tidur ke sisi kiri karena tekanan pada tulang belakang akan lebih sedikit.

Catatan

Penting untuk dicatat, bahwa beberapa orang termasuk mereka yang menderita penyakit jantung, sleep apnea, glaukoma, dan sindrom karpal tunnel mungkin tidak mendapatkan keuntungan dari tidur miring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *