https://www.republika.co.id

Lima Manfaat Olah Pernapasan Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

https://www.republika.co.id
https://www.republika.co.id

Masalah terbesar yang dihadapi ibu-ibu modern adalah ketakutan seputar persalinan

1. Kurangi stres

Memang benar, kehamilan bisa membuat stres. Ada banyak perubahan yang mempengaruhi fisik, emosi dan mental. Ini adalah waktu yang sangat transformasional dalam kehidupan seorang wanita.

Mengembangkan rutinitas pernapasan setiap hari akan membantunya mengakses sistem saraf parasimpatiknya sehingga ia dapat tetap jernih, teratur, dan menangani berbagai perubahan yang akan ia hadapi selama kehamilan dan sepanjang masa sebagai orang tua. Dengan begitu bayi yang dikandung juga merasa rileks dan tidak ikutan stress, karena kondisi ibu akan berpengaruh ke bayi.

2. Tingkatkan rasa koneksi

Banyak tidak merasa terhubung dengan si kecil yang berkembang di dalam mereka. Sangat umum untuk mengalami berbagai emosi selama kehamilan. Ada sesuatu yang transformatif yang terjadi ketika Anda benar-benar melihat anak yang diciptakan oleh tubuh Anda.

Penting untuk mengolah napas anda agar membuat titik terhubungnya anda dengan bayi Anda. Beri diri Anda ruang dan waktu untuk sekadar bersama napas Anda, diri Anda, dan bayi Anda, dan koneksi akan terbentuk dan menguat seiring waktu.

3. Berkomunikasi dengan bayi.

Ibu tidak merasa terhubung dengan si bayi biasanya juga karena tiadanya komunikasi di antara mereka. Meluangkan waktu setiap hari untuk berlatih memperpanjang pengeluaran napas Anda adalah cara tercepat untuk beralih ke kondisi parasimpatik, yang memungkinkan tubuh Anda berada dalam mode istirahat. Ketika tubuh bergeser ke kecepatan yang lebih lambat ini, ini memberi Anda kejelasan dan ruang untuk membuka jalur komunikasi dengan bayi Anda.

Jauh lebih mudah untuk menyelaraskan energi bayi Anda dan berkomunikasi dengan mereka melalui membaca, berbicara, musik lembut, atau bahkan menggosok perut Anda dengan lembut. Anda mungkin menemukan diri Anda terkejut oleh seberapa banyak bayi Anda ingin berkomunikasi dengan Anda, juga.

4. Bersiap untuk kelahiran

Tidak peduli apa pun jenis kelahiran yang Anda miliki, ketegangan dan stres yang terjebak di dalam tubuh membuat pengiriman dan pemulihan menjadi lebih sulit. Meluangkan waktu setiap hari untuk berlatih mengatur sistem saraf Anda dan mengakses keadaan rileks akan menjadi dukungan besar sepanjang kehamilan.

Pernapasan dapat menjadi alat yang luar biasa untuk menjadi sadar akan ketegangan di dalam tubuh serta melepaskannya. Salah satu cara sederhana untuk mulai mempraktikkan ini adalah dengan menggabungkan pemindaian tubuh di awal latihan napas Anda. Rasakan di mana titik anda merasa tegang lalu jelajahi daerah itu dengan rasa ingin tahu dan keterbukaan. Kemudian mulailah menghirup dan menghembuskan napas untuk melepaskan rasa tegang tersebut.

5. Pascapersalinan

Pascapersalinan dapat menjadi waktu yang sangat menantang bagi ibu baru. Tidak hanya tubuh mengalami penurunan hormon yang besar, tetapi pergeseran perhatian yang tiba-tiba dari ibu ke bayi, dan tuntutan yang terus menerus terhadap tubuh dan energi ibu

Setelah lahir, sangat membantu untuk memasukkan latihan pernapasan yang akan mendukung tubuh Anda untuk mengkalibrasi ulang dan menyetel kembali diri. Ini bisa sulit pada pekan awal, terutama setelah kelahiran caesar. Selain menyetel kembali tubuh, pernapasan pascamelahirkan juga mendukung kesehatan emosional dan mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *