Tag Archives: hukum alam

Hukum Alam: Tubuh Kita Punya “Clock” Yang Harus Kita Sesuaikan Kalau Mau Hidup Sehat

Hukum Alam tubuh kita punya “clock” yang harus kita taati kalau kita mau hidup sehat

Saya diingatkan dengan membaca artikel “Tips Sehat! Jam Kerja Biologis Organ Tubuh Manusia” berisi jam-jam biologi tubuh kita. Dari Grandmaster Mantak Chia, saya diajarkan dengan terang-benderang bahwa tubuh kita ini secarea alamiah memiliki dan mengikuti dengan sepenuhnya hukum-hukum alamiah yang berlaku baginya. Yang membuat tubuh kita menjadi “kacau” dan “tidak sehat” ialah perilaku, budaya, perkembangan dan kebiasaan kita yang tidak mengikuti hukum-hukum yang baku dimaksud.

Grandmaster Chia selalu katakan bahwa apapun yang kita lakukan, bagaimanapun pola hidup kita, yang jelas hukum alam yang berlaku dalam tubuh kita tidak pernah berubah. Tubuh kita hanya melakukan penyesuaian-penyesuaian, tubuh kita menyesuaikan diri dengan perilaku buruk atau baik yang kita jalani.

Misalnya tubuh kita punya jam kerja pembuangan sampah di pagi hari. Oleh karena itu, begitu kita bangun, kita langsung merasa mau buang air. Contoh lain, setelah makan siang, biasanya tubuh kita secara otomatis mau beristirahat. Saya biasanya mengatasinya dengan cara minum kopi atau melakukan kegiatan-kegiatan lain. Akan tetapi sebenarnya pada siang hari setelah makan, minimal 30 menit harus saya berikan waktu untuk tubuh saya mengolah makanan yang barusan saya masukkan ke lambung saya.

Pada saat kita melakukan kegiatan-kegiatan menurut jadwal manusia, misalnya saat retreat atau di sekolah, maka kita memaksa tubuh kita yang sudah punya jadwal tetapi itu menyesuaikan diri dengan jadwal kita sendiri. Ada banyak dari kita juga yang sering makan di waktu malam, atau larut malam karena kita merasa lapar di malam hari.

Kebiasaan-kebiasaan di luar jadwal tubuh menurut hukum alam ini sebenarnya sudah harus kita tanggapi sebagai sebuah pertanda kita tidak sehat. Tubuh kita secara alamiah melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan pola hidup kita. Tetapi tubuh kita tidak merubah jadwal biologi menurut hukum alam yang dimilikinya, ia hanya menambahkan jadwal baru menurut perilaku kita. Akibatnya kita akan merasa lapar tengah malam misalnya. Padahal tubuh kita secara alamiah tidak harus minta makan saat sudah larut malam.

Untuk mengembalikan tubuh yang sudah salah jadwal karena pola hidup kita yang salah ini, Grandmaster Chia mengatakan, kita jawab permintaan makan dengan “minum air putih saja”, dan tubuh kita akan tahu ada sesuatu yang dimasukkan. Toh jadwal menurut hukum alam tubuh kita tidak akan bekerja pada waktu itu untuk mengolah makanan, sehingga apapun yang masuk dianggap tubuh sebagai sesuatu, dalam bentuk cair atau padat tidak menjadi masalah.

Saya anjurkan kita rujuk ke artikel Tips Hidup Sehat, yang telah disampaikan sehingga kita tidak mendatangkan penyakit kepada diri kita sendiri.

Dalam pengajaran Universal Healing Tao dikatakan bahwa kita adalah “Guru dan Perawat dari Diri Sendiri” (Become Your Own Teacher and Healer) sehingga pada akhirnya kita tidak akan butuh orang lain untuk menjawab masalah kesehatan kita, karena hidup kita sepenuhnya dan seutuhnya adalah tanggung-jawab kita.

Tips Sehat! Jam Kerja Biologis Organ Tubuh Manusia

Manado, Nyiurtimes.com – Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya kesehatan. Mereka baru sadar akan hal ini ketika sudah kehilangannya. Ketika merasakan sakit, orang akan sadar betapa nikmatnya memiliki kesehatan.

Ini ada tips sehat, berupa jam kerja biologis organ tubuh manusia dari Prof. dr. Soeharsoyo, SpAK

LAMBUNG,  Jam 07:00 – 09:00. Daya kerja lambung sedang kuat-kuatnya.  Dianjurkan untuk sarapan yang bergizi tinggi pada jam ini.

JANTUNG, Jam 11:00 – 13:00. Hindari panas berlebih dan olah fisik, terutama bagian yang ada keluhan di pembuluh darah.

HATI / LIVER, Jam 13:00 – 15:00. Kondisi liver sedang lemah, dengan istirahat sejenak akan terjadi proses regenerasi sel-sel hati.

PARU-PARU, Jam 15:00 – 17:00. Paru paru sedang lemah, istirahat dan nafas dengan teratur untuk mengembalikan energi paru paru.

GINJAL, Jam 17:00 -19:00. Ginjal dalam kondisi kuat, terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Ini jam terbaik untuk belajar.

LAMBUNG, Jam 19:00 – 21:00. Lambung sedang lemah. Diusahakan jangan  mengkonsumsi makanan padat yang sulit dicerna, atau lebih baik berhenti makan.

LIMPA, Jam 21:00 23:00. Limpa dalam kondisi lemah, terjadi proses pembuangan racun tubuh dan regenerasi sel limpa. Jika wajah menjadi agak pucat di jam ini, artinya limpa ada gangguan.

JANTUNG, Jam 23:00 – 01:00. Jantung sedang dalam kondisi lemah. Waktunya istirahat untuk pemulihan energi tubuh.

HATI / LIVER, Jam 01:00 – 03:00. Liver dalam kondisi kuat, terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Ini saatnya terjadi regenerasi sel.

PARU-PARU, Jam 02.30 – 04:30. Kondisi paru paru sedang kuat, terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran di paru paru. Akan terjadi batuk, bersin dan berkeringat bila paru-paru kotor. Ini jam terbaik untuk “Qiyamul lail”. Saat sujud pada waktu inilah mengalirnya darah yang kaya akan oksigen ke otak tertentu yang tidak bisa dialirkan darah pada saat sujud diwaktu siang.

USUS BESAR, Jam 05:00 – 07:00. Usus besar dalam kondisi kuat, biasakan B.A.B di jam ini agar kotoran, racun dan sisa sistem pencernaan dapat dikeluarkan semua. (**)