Tag Archives: burung mambruk

“walk sprightly like a pigeon and sleep like a dog.”

” walk sprightly like a pigeon and sleep like a dog”..

walk sprightly like a pigeon
walk sprightly like a pigeon

Jawaban ketiga dari si Nenek-Moyang atas pertanyaan “Apa rahasia umur panjang?” ialah “berjalan-lah seperti seekor merpati ”

Bagaimana cara jalan merpati itu” Ia katakan “sprightly”, yaitu dengan “segar”, “riang”, “sigap”.

Berjalan seperti merpati adalah metode untuk menyerap energi bumi yang tersedia sepanjang masa. Dalam metode Chi Kung, cara berjalan ini dilakukan biasanya di pagi hari ketika embun masih banyak bermunculan di tanah.

Berjalan seperti merpati tidak sama dengan berjalan seperti seorang pastor dengan tongkat ujung miringnya sering jalan-jalan ke tempat-tempat keramaian di pagi atau sore hari, dengan sepanjang jalan bermuka sangat serius, dengan wajah jelas menunjukkan pikirannya lari ke arah lain, badannya lari ke tempat lain. Bukan seperti itu.

Bukan juga seperti para atlit yang mengenakan headphones dan memutar lagu-lagu disco dengan volume besar-besar lalu lari di tengah terik matahari.

Berjalan seperti merpati artinya dalam kondisi psikologis “kekinian” dan “ke-sini-an”, tidak memikirkan kemarin atau besok, tidak memikirkan ke-sana atau di sana, tetapi di sini, dan saat ini menjadi fokus. Apa yang dapat dilihat, dan apa yang dapat dinikmati saat ini di sini.

Ada satu artikel dalam blog ditulis seperti ini:

Pigeons pick up their feet when they move around, they don’t wear boots or shoes nor have hoofs, …, pigeons are constantly exercising. Necks and wings and feet. The little buggers are pretty quick, …. <https://www.sanurjewellerystudio.com/>

Merpati sering makan jari-jari mereka saat mereka berjalan-jalan, tidak mengenakan boots atau sepatu atau punya hoofs, mereka terus-menerus begerak. Leher, sayap dan kaki. Mereka bergerak begitu cepat pula.

Latar Belakang

Ini artikel kedua dari jawaban nenek tua berumur 256 tahun seperti saya sudah sebutkan dalam blogKisah Kita Semua: (256 Years Old Man Breaks The Silence Before His Death And Reveals SHOCKING Secrets To The World)

Kalimat yang berisi RUMUS EMAS (Goldern Rules) untuk hidup berumur panjang ini keluar dari bibir sang nenek-moyang berusia duaratus tahun lebih ini pada saat ditanyakan oleh seorang penanya “Apa rahasia umur panjang?”

Dan jawabannya sungguh mengejutkan. Bukan Omega-3, bukan multi-vitamin, bukan makan baik-baik, tidak dikatakan makan banyak buah dan daun-daun, tidak juga barang-barang modern lainnya.

Kalau seorang barat di Amerika Serikat atau Inggris diajukan pertanyaan ini, dia kemungkinan besar akan menjawab, “Banyak makan daun-daunan, jauhi makan daging sama sekali, perbanyak minyak ikan, lakukan yoga tiap hari, …” dan sejenisnya.

Kalau saya tanyakan kepada orang di non-Barat, seperti di Malaysia, Indonesia, Papua New Guinea, Vanuatu, maka jawaban seperti “Ya, yang penting banyak beralam, banyak berdoa, perbayak sedekah, insya Allah, akan diberikan umur panjang!”

Si Nenek-Moyang ini memberikan empat jawaban (1) pertama, “keep a quiet heart“, (2) kedua, “sit like a tortoise“; (3) Ketiga, “walk sprightly like a pigeon” dan (4) keempat “sleep like a dog

[bersambung ke artikel keempat/ terakhir]